Selasa, 19 Juli 2011

Catatan LKS SMK 2011

Hari-hari terakhir masih sekolah di SMK Negeri 1 Balikpapan, nggak nyangka aja sih padahal saya termasuk murid yang lumayan nakal, hehe.. tapi bagi saya, mumpung lagi sekolah di stm, harus bisa bedakan yang mana pergaulan yang baik dan yang tidak, ada waktu untuk belajar, ada juga waktu untuk bermain dan berkumpul bersama teman.

Lomba Keterampilan Siswa atau biasa lebih populer dengan LKS, bagi saya kalau diibaratkan LKS itu piala thomas nya SMK, sejak masih duduk di kelas 2 saya memang sudah mengincar satu event ini, akhirnya tawaran itu datang waktu lagi magang, lagi install ulang laptop customer sambil buka Facebook, saya ditawarin oleh guru TI untuk bersiap-siap mengikuti LKS tahun depan. oke, dari situ saya sudah mulai belajar anything about web design, mulai dari PHP, CSS, MySQL, and bla bla bla..


Untuk LKS tahun ini, saya mengikuti bidang IT-Web Design sesuai dengan bidang saya di IT, sebelumnya saya mengikuti seleksi tingkat kota terlebih dahulu selama 2 hari, tema web yang harus di buat adalah bebas, waktu itu saya membuat aplikasi web toko HP online, dengan menerapkan 2 halaman front-end yang di percantik oleh animasi j-Query dan Flash banner, dan penerapan back-end halaman admin ala PHPmyAdmin, saya mengerjainnya 90% coding, mulai dari Query SQL, PHP, HTML, dan CSS, saya tidak biasa menggunakan wizard yang ada di dreamweaver, setelah  2 hari mengerjainnya,  alhamdulillah tidak ada hambatan,dan saya bisa memenangkan lomba tersebut. Namun saya belum bisa bernafas lega karena bisa memenangkan event tersebut, bagi saya ini merupakan awal baru langkah selanjutnya yang lebih berat. 

Tahun ini LKS Provinsi Kaltim 2011 diadakan di kota Samarinda, pada tanggal 2-5 mei 2011, dan melombakan setidaknya ada 24 bidang lomba.

Senin, 1 Mei 2011 02:00 aku beserta temen-temen peserta LKS, dan para pembimbing, berangkat menuju Samarinda, jarak antara Balikpapan dan Samarinda cukup jauh sekitar 120 km, setelah 2 jam dalam perjalanan akhirnya kami sampai di Samarinda dan menuju Hotel Barumbay dan menunggu jam 19.00 untuk mengikuti TM / Technical Meeting di Polnes / Politeknik Negeri Samarinda.

Tetapi setelah jam 19.00 – 20.00 tidak ada pengumuman kapan TM tersebut dimulai, kami sempat bingung, ditambah sulitnya mendapatkan informasi dari panitia LKS, ya tidak apalah toh kami bisa menggunakan waktu tersebut untuk berisitirahat dan belajar. Keesokan paginya, tepat pukul 07.00 kami langsung berangkat menuju POLNES. Karena dijadwal lomba akan dimulai pada pukul 08.00 pagi. Tetapi setelah sampai disana kami seperti calon penumpang Kapal yang terlambat jadwal kedatangannya, terlantar, duduk di teras kampus Teknik Informatika POLNES. Dari awal sudah terlihat bahwa tidak ada kesiapan dari panitia LKS Provinsi 2011, lucunya lagi, mereka mengakuinya. Duh..payah, mulai dari tidak ada nya pemberitahuan TM, ternyata bukan Balikpapan saja yang tidak mengikuti TM, hanya 2 kota peserta LKS yang mengikuti TM, yaitu Samarinda sebagai tuan rumah, dan Tanah Grogot. Entah ada apa dibalik semua itu.
Pukul 09.30 saya mulai memasuki ruangan lomba Web Design untuk melakukan pengecekkan alat-alat, aneh, seharusnya diundi terlebih dahulu kemudian dilakukan pengecekkan pada masing-masing laptop sesuai dengan nomor undiannya. Lah ini mlah disuruh nge-check alatnya terlebih dahulu, lalu diundi..apa sih? Ya tertukar, -,-'a

Soal bidang Web Design LKS Provinsi 2011 yaitu membuat Website Journal Online, sesuai dengan soal LKS Nasional-nya. Untung saya sudah mempelajarinya terlebih dahulu, jadi ya tinggal mengulangnya lagi dalam mengerjakannya. Waktu yang diberikan ialah 10 jam, terlalu sedikit untuk membangun Web yang sempurna menurut saya, ya tapi di kerjakan sajalah apa adanya, selesai nggak selesai dilihat aja nanti hasilnya. Stay relax and do what I can do, and finish it as possible as I can ! :)

Sesi pertama dari jam 10.00 – 12.00, saya sudah menyelesaikan modul User pada sesi registrasi halaman Front-End dan manajemennya pada halaman Back-End. Tepat pukul 12.20 lomba dihentikan untuk kegiatan ISHOMA ( Istirahat, Sholat dan Makan ). pukul 13.20 lomba kembali dimulai dan saya mengerjakannya satu-satu persatu, saya masih newbie di PHP, so prinsip pemrograman yang saya gunakan masih Procedural Programming, standarlah pemrograman sesuai dengan prosedur. Hehe :D

Hari pertama lomba selesai tepat pada pukul 17.20, masih banyak modul yang belum sempurna, setelah keluar dari ruangan saya langsung konsultasi dengan Bu Eka Prasetyawati sebagai guru dan pembimbing saya bahwa saya mempunnyai trouble di kolaborasi warna pada desain web saya, dan script download. Malamnya saya langsung belajar skripnya.

Durasi waktu lomba pada hari kedua hanya 4 jam. Saya langsung mengerjakan skrip yang saya lewatin kemarin. Tepat pada pukul 12.20 waktu lomba pun habis, masih banyak modul yang belum sempat saya kerjakan. Setelah istirahat sejenak, sesi presentase web pun dimulai, saya mendapatkan giliran ketiga dari semua peserta, diluar ruangan saya memikirkan apa saja yang akan saya presentasekan kepada assesor didalam, setelah giliran saya untuk maju, kok tiba-tiba rasa nervous itu datang, dalam sekejap saya lupa semua kata kata yang saya pikirkan tadi, banyak bagian web saya yang tidak saya presentasikan, mungkin pada bagian web itulah yang dapat memeberi saya nilai plus, bak mahasiswa yang sedang menjalani sidang skripsinya, saya menjelaskan sebisa saya, dan sepintar-pintarnya saya untuk berbicara. Alhamdulillah saya dapat melewati sesi presentasi itu.
Keesokan harinya kami kembali ke POLNES untuk menghadiri acara penutupan sekaligus pengumaman juara lomba tiap bidang, lucu..padahal kami, peserta LKS dari Balikpapan tidak mengikuti acara pembukaan, tapi kok malah ikut acara penutupannya..haha, acara yang ditunggu-tunggu pun dimulai yaitu acara pengumuman juara tiap bidang, satu persatu sekolah sebagai juara 1, 2, dan 3 disebut, terdengar paling banyak kata SMK bla bla bla Samarinda yang paling banyak disebut, pastilah Tuan Rumah yang bakal jadi juara umum, pada pengumuman juara lomba Web Design nama saya disebut sebagai Juara ke 2, alhamdulillah.





*foto bukan sengaja di beri efek blur, tapi kamera handphone saya yang low-end, maklum..VGA..hihi :P

eits..tapi sebenernya masih ada kejanggalan di pikiran saya dari hasil tersebut, kenapa? waktu lagi lomba, saya yang paling ribut sendiri, bukan ribut teriak teriak, melainkan ribut karena saya banyak mengetik skrip / coding, jika aku perhatikan kompetitor di ruangan itu, hampir jarang dan sedikit yang kedengaran bunyi dari papan keyboardnya, walaupun ada yang kedengaran tapi itu jarang dan sebentar, saya bingung ketika sesi presentasi, sang juara waktu lomba tidak terlalu banyak melakukan coding, bahkan jarang. tapi fitur dari web nya banyak sekali, mulai dari mandatory, counter, advanced search, SEO, dll. sempat heran sih, tapi ya saya tidak buruk sangka, terima hasil apa adanya, mungkin saya harus lebih banyak belajar lagi. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar